Beauty

5 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung, Kuncinya Harus Rutin

Cara Menghilangkan Komedo — Kamu termasuk orang yang risih dengan munculnya komedo di hidung? Sama, aku juga! Hehe. Bagi pemilik kulit berminyak, komedo memang merupakan salah satu masalah kulit yang cukup meresahkan nih.

Bagaimana tidak, kalau komedo lagi banyak-banyaknya, hidung gak hanya jadi kasar, tapi tampilannya juga jadi seperti landak. Gak heran ada yang menyebut tampilan ini sebagai ‘hidung landak’. Hiks.

Eits, jangan merasa insecure dulu, di tulisan ini aku akan memberi tahu cara menghilangkan komedo. Namun sebelumnya, mari kita bahas dulu tentang komedo ini. Check it out!


Dua Jenis Komedo

Kamu pasti sudah tahu dong, kalau ada dua jenis komedo yang biasanya muncul, yaitu whitehead (komedo putih) dan blackhead (komedo hitam). Lantas apa bedanya ya?

Whitehead

Komedo whitehead merupakan jenis komedo yang tertutup oleh lapisan kulit. Komedo ini tampak seperti tonjolan putih kecil pada pori-pori kulit. Di dalamnya terkandung minyak, sel kulit mati, dan kotoran, yang tertutup oleh sel-sel kulit yang melapisi bagian atasnya.

Blackhead

Sedangkan komedo blackhead merupakan jenis komedo yang terbuka, dan tampak seperti bintik hitam yang sangat kecil. Warna hitam yang muncul diakibatkan tumpukan minyak berlebih yang mengalami proses oksidasi karena terpapar udara.

Faktor Penyebab Komedo

Cara menghilangkan komedo, penyebab komedo

Munculnya komedo disebabkan oleh sumbatan pada pori-pori kulit –yang merupakan tempat bermuaranya folikel rambut, saluran kelenjar minyak, serta keringat– oleh minyak (sebum) yang berlebih pada kulit, bercampur dengan sisa sel kulit mati dan kotoran.

Komedo merupakan cikal bakal dari jerawat dan bisul. Selain di wajah, komedo juga sering ditemukan di leher, punggung, dada, dan bahu sebagai area yang memiliki lebih banyak kelenjar minyak dan keringat.

Yang perlu kamu ketahui, bahwa faktor utama penyebab komedo adalah produksi minyak berlebih, yang dipengaruhi oleh:

  • Usia

Masalah komedo banyak dialami pada remaja, karena memang produksi minyak pada usia di bawah 25 tahun sedang banyak-banyaknya, yang terkait dengan kadar hormon androgen yang sedang tinggi-tingginya.

  • Makanan

Komedo bisa juga disebabkan oleh konsumsi makanan yang bersifat comedogenic atau komedogenik (pemicu timbulnya komedo). Salah satunya yaitu makanan yang mengandung gula dan lemak jenuh tinggi.

  • Penggunaan Produk Kulit yang Komedogenik

Pernah gak saat kamu mengaplikasikan foundation atau BB cream, komedo kamu malah jadi kelihatan banget? Jika pernah, hal itu bisa jadi disebabkan oleh produk kosmetik yang kamu gunakan mengandung bahan-bahan yang bersifat komedogenik, yaitu yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

Sifat komedogenik pada produk biasanya dapat kamu ketahui dengan mengecek pada bagian komposisi di kemasan produk. Bahan bersifat komedogenik, biasanya mengandung ektrak alga, cocoa dan coconut butter, wheat germ oil, dan kalium klorida.

  • Pembersihan Wajah

Proses pembersihan wajah yang kurang tepat juga bisa menjadi faktor penyebab munculnya komedo di wajah. Misalnya kurang bersih dalam mencuci muka atau mencuci muka dengan terlalu kasar.

Pasalnya penyumbatan pori-pori oleh minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati tidak akan terjadi jika kamu rajin membersihkan wajah secara tepat.

Ada pun beberapa faktor lain yang menyebabkan seseorang rentan mengalami komedo yang disebutkan oleh artikel Alodokter di antaranya jumlah bakteri pada kulit meningkat, konsumsi obat tertentu, hingga memiliki kebiasaan merokok.

Baca Juga : 5 Jenis Kulit Wajah, Ciri, dan Cara Perawatan

5 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung




Setelah tahu penyebab komedo, berikut beberapa cara yang bisa lakukan untuk menghilangkan komedo.

Rutin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah merupakan step perawatan wajah paling penting. Pastikan kamu tidak lupa untuk membersihkan wajahmu secara rutin ya, yaitu pada pagi dan malam hari menjelang tidur.

Pengaplikasian double cleansing, yaitu membersihkan wajah dengan micelar water atau milk cleanser diteruskan dengan mencuci wajah dengan facial foam, sangat disarankan terutama jika kamu telah memakai make up seharian.

Hal ini untuk memastikan wajahmu bersih sempurna dan bebas dari sisa-sia make up.

Gunakan Produk Perawatan Kulit untuk Mengangkat Kulit Mati

Komedo terbentuk akibat tersumbatnya pori-pori oleh minyak dan kulit mati. Oleh karena itu, untuk menghilangkan komedo kamu perlu mengangkatnya pada wajahmu. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan eksfoliasi kulit wajah.

Ada dua macam eksfoliasi wajah, yaitu physical dan chemical exfoliation.

Physical Exfoliation

Physical exfoliation atau eksfoliasi fisik, adalah proses eksfoliasi dengan menggunakan produk yang bertekstur agak kasar, seperti berbentuk scrub. Menggunakan scrub pada wajah sangat efektif untuk mengangkat sel kulit mati di wajah.

Manfaatnya gak hanya dapat mengangkat komedo, tapi juga membuat wajahmu juga akan tampak lebih cerah, halus dan glowing.

Saat ini sudah banyak produk face scrub yang beredar di pasaran yang bisa kamu coba, seperti St. Ives Fresh Skin Apricot Scrub, Emina Apricot Jam Face Scrub, Wardah Seaweed Balancing Facial Scrub, dan lainnya.

Chemical Exfoliation

Chemical exfoliation atau eksfoliasi kimia, adalah proses eksfoliasi dengan menggunakan bahan kimia yang sudah diformulasikan agar aman diaplikasikan pada wajah. Misalnya menggunakan produk berbahan AHA dan BHA.

Di antara produk AHA BHA yang dapat kamu gunakan untuk chemical exfoliation yaitu Hada Labo AHA BHA Mild Peeling, COSRX AHA 7 Whitehead Power Liquid, dan lainnya. Namun, produk berbahan ini tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui ya.

Oiya, perlu diingat nih, baik physical maupun chemical exfoliation harus dilakukan sesuai aturan, yaitu maksimal dua hingga tiga kali dalam seminggu, atau sesuai anjuran dokter kulit.

Jangan Lupakan Tabir Surya

Saat akan beraktivitas keluar rumah, terutama aktivitas di bawah sinar matahari langsung, jangan lupa untuk mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen ke wajahmu ya.

Memakai Kosmetik dan Skincare Non-Komedogenik

Cara selanjutnya, pastikan kosmetik maupun skoncare yang kamu gunakan bersifat non-komedogenik, yaitu produk yang bebas minyak dan berbasis air, yang bersifat mudah menyerap dan tidak menyumbat pori-pori wajah.

Jalani Pola Hidup Sehat

Last but not least, menjaga pola hidup sehat merupakan cara yang tidak kalah penting dalam menghilangkan komedo. Karena akan percuma kamu mencoba cara ini itu, tapi tidak diiringi dengan cara yang satu ini.

Pola hidup sehat dapat diterapkan dalam hal makanan, yaitu dengan menghindari konsumsi makanan dan minuman dengan tinggi gula dan lemak, karena dapat membantu mengurangi produksi minyak pada kulit.

Selain itu, jangan lupa untuk rutin berolahraga, serta tidak merokok.

Kesimpulan

Kunci dari cara menghilangkan komedo adalah harus rutin dan sabar. Karena tidak ada hasil optimal jika kamu tidak rutin melakukan perubahan dan bersabar atas hasilnya.

Namun, jika berbagai cara di atas tidak membuahkan hasil pada wajahmu, jangan berkecil hati, kamu masih bisa berkonsultasi dengan dokter kulit agar dapat diberikan prosedur perawatan yang lebih cocok dengan kulit wajahmu.

Semoga bermanfaat ya! 🙂

One Response

  1. Avatar Fanny_dcatqueen 15/09/2021

Leave a Reply