Matchadreamy

Bootcamp Digital Marketing Terbaik: Harisenin.com, RevoU, atau BelajarHQ?

Fitri Apriyani
Fitri Apriyani
Rekomendasi bootcamp digital marketing berkualitas dan harga kompetitif untuk menjadi seorang digital marketer profesional. Mana yang terbaik?

Bootcamp Digital Marketing Terbaik: Harisenin.com, RevoU, atau BelajarHQ? — Di era teknologi, di mana hampir semua perusahaan mulai merambah dunia digital dalam upaya mencapai tujuan strategisnya, skill di bidang digital menjadi yang paling banyak dibutuhkan saat ini.

Ini merupakan kabar baik bagi siapa saja yang ingin mendapatkan pekerjaan dan atau ingin meningkatkan karir di masa depan. Bagi yang belum bekerja, hal ini sangat bagus mengingat terbuka lebarnyanya peluang kerja di bidang ini.

Bagi yang sudah berkarir pun, tidak ada salahnya mempelajari skill baru agar dapat bersaing di dunia kerja yang kian dinamis. Apalagi skill di bidang ini bisa dibilang langka, sehingga gaji yang ditawarkan pun terbilang tinggi.

Salah satu skill di bidang digital yang penting untuk dikuasai adalah digital marketing. Digital marketing adalah strategi atau upaya yang digunakan oleh perusahaan untuk melakukan kampanye pemasaran atau promosi produk/jasanya melalui media digital dan jaringan internet.

Digital marketing mungkin suatu bidang kerja yang awam bagi sebagian orang, oleh karena itu perlu melakukan pembelajaran secara intensif dan konsisten untuk bisa menguasainya dalam waktu singkat di tengah kesibukan, dengan dibimbing oleh para pakar yang telah berpengalaman.

Untungnya saat ini telah hadir beberapa bootcamp digital marketing yang dapat membantu para pesertanya untuk belajar secara komprehensif tanpa mengganggu rutinitas pekerjaan.

Apa itu Bootcamp Digital Marketing?

Bootcamp digital marketing adalah program pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar pesertanya memiliki keahlian di bidang digital marketing guna menjadi digital marketer yang siap kerja di dunia profesional.

Selain pembelajaran melalui materi, bootcamp digital marketing juga mengharuskan pesertanya untuk mengerjakan proyek nyata yang mana hasilnya nanti bisa dijadikan portfolio untuk melamar pekerjaan.

Apa Saja yang dipelajari di Bootcamp Digital Marketing?

Berikut ini beberapa skill yang akan dipelajari di bootcamp digital marketing.

  • Content Marketing: teknik pemasaran untuk membuat dan membagikan konten yang bernilai, guna menarik audiens agar melakukan tindakan yang menguntukan perusahaan.
  • Social Media Marketing: suatu teknik pemasaran melalui sosial media.
  • Search Engine Optimization (SEO): suatu teknik optimasi konten agar dapat menempati posisi teratas halaman hasil mesin pencarian untuk meningkatkan penjualan atau brand awareness.
  • Data Analysis: proses menganalisis data digital dari berbagai sumber seperti website, aplikasi seluler, media sosial, dan sebagainya untuk keputusan strategis bisnis selanjutnya.
  • Online Ads Marketing: suatu strategi pemasaran untuk menyampaikan pesan kepada target audiens melalui berbagai media online.

5 Checklist dalam Memilih Bootcamp Terbaik

Untuk memilih bootcamp digital marketing terbaik, sebaiknya pertimbangkan 5 checklist berikut.

Kurikulum lengkap dan uptodate

Digital marketing tidak lepas dari teknologi yang cepat berkembang, oleh karena itu kurikulum atau materi yang diajarkan pada program bootcamp haruslah lengkap (mencakup semua aspek digital marketing), dan juga uptodate (mengikuti kemajuan teknologi dari waktu ke waktu).

Kurikulum yang uptodate juga berarti harus mengikuti trend yang sedang berlangsung di tengah masyarakat agar materi memiliki relevansi sehingga dapat diaplikasikan dengan baik.

Mentor pakar di bidangnya

Pastikan bootcamp yang kamu pilih memiliki mentor atau tutor profesional yang ahli di bidang digital marketing, sehingga memiliki pengetahuan dan kemampuan mumpuni dalam menyampaikan materi yang berhubungan dengan dunia kerja yang sebenarnya.

Mendapat kesempatan mengerjakan proyek nyata

Berbeda dengan kuliah formal, yang mana proses pembelajaran sebagian besar berbasis teori, di bootcamp biasanya dilengkapi juga dengan program mengerjakan proyek nyata (real projects) guna mempersiapkan peserta agar mampu mengaplikasikan ilmunya di dunia kerja profesional.

Untuk itu sebaiknya pilih bootcamp yang menyediakan kesempatan pada pesertanya mengerjakan proyek nyata.

Harga terjangkau

Setiap bootcamp memiliki biaya yang berbeda. Sebaiknya sesuaikan dengan budget yang tersedia, tanpa mengabaikan kualitas dari bootcamp itu sendiri. Idealnya pilihlah bootcamp yang menawarkan program berkualitas dengan harga kompetitif. Bootcamp yang menyediakan program cicilan bisa sangat sesuai bagi kamu yang berbudget minim.

Mendapat jaminan pekerjaan

Penting mempertimbangkan ada tidaknya jaminan pekerjaan pada sebuah bootcamp, agar skill yang kamu miliki nantinya tidak hanya menghasilkan sertifikat semata. Oleh karena itu, disarankan memilih program bootcamp yang juga memberikan koneksi ke perusahaan ternama dan peluang bekerja secara profesional bagi lulusannya.

Bootcamp Digital Marketing Harisenin.com, RevoU, dan BelajarHQ: Mana yang Terbaik?

Harisenin.com

bootcamp digital marketing terbaik

Harisenin.com adalah sebuah platform belajar online yang menyediakan beragam program belajar keterampilan yang paling banyak dibutuhkan untuk pekerjaan hari ini dan masa depan dengan harga kompetitif. Platform ini memungkinkan kamu untuk meraih karir impian walau beda jurusan dan belum pengalaman.

Salah satu program belajar yang disediakan oleh Harisenin.com adalah digital marketing, yang tidak hanya mengajarkan hard skill, tapi juga soft skill, dengan mentor ahli di bidangnya. Melalui program ini, peserta akan siap kerja sebagai digital marketer profesional dalam waktu hanya 3 bulan.

Harisenin.com menawarkan peserta programnya koneksi ke perusahaan ternama, sehingga berani memberikan job guarantee berupa 110% uang kembali bagi yang menganggur selama setahun setelah mengikuti program.

Tawaran ini tentu menarik mengingat bahwa peserta program tentu berharap bisa mendapatkan kesempatan bekerja setelah lulus, selain hanya mendapatkan sertifikat kelulusan.

Dengan harga hanya Rp 2jt-4jt, Harisenin.com memberikan keringanan pembayaran yang dapat dicicil 3-5 kali.

RevoU

rekomendasi bootcamp digital marketing

Sama seperti Harisenin.com, Revou adalah sebuah lembaga pelatihan online yang menawarkan berbagai macam program bootcamp yang berfokus pada kebutuhan industri teknologi digital, termasuk digital marketing.

RevoU menawarkan dua fase dalam program bootcamp digital marketing, yaitu RevoU Course dan RevoU Next. RevoU Course adalah program belajar selama 3 bulan bagi yang ingin sekedar menambah skill digital marketing, tanpa ada pelatihan career support bagi lulusannya.

Sedangkan fase RevoU Next, selain skill digital marketing, peserta juga akan diberikan pelatihan career support dan coaching 1-on-1 selama belajar. Fase ini memungkinkan peserta yang memenuhi syarat untuk mendapatkan penempatan kerja dan layanan rekomendasi. Lama durasi fase ini adalah 6 bulan.

Dengan rentang harga sebesar Rp13-16 juta, biaya bootcamp di RevoU bisa dicicil sebanyak 12-20 kali.

BelajarHQ

Terakhir, ada bootcamp digital marketing dari BelajarHQ, yang menawarkan program pembelajaran intensif dengan metode pembelajaran berbasiskan pengalaman, di mana para pengajar merupakan pelaku digital marketing dari top-tier company.

Dalam durasi 2 bulan, peserta akan mendapatkan pemahaman digital marketing yang holistik, baik secara teori maupun praktik.

Selain mengadakan default kelas wajib bagi peserta programnya, di BelajarHQ juga beberapa kelas optional maupun community event seperti networking session dan expert session yang dilaksanakan di luar jadwal kelas wajib.

Dengan harga program terjangkau hanya Rp 1,2 juta, sayangnya bootcamp digital marketing di BelajarHQ tidak memberikan job guarantee bagi alumninya, sebagaimana di Harisenin.com dan RevoU.

Berikut perbandingan antara ketiga penyelenggara bootcamp di atas yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan memilih bootcamp digital marketing terbaik.

perbandingan bootcamp digital marketing

Kesimpulan

Baik Harisenin.com, RevoU, dan BelajarHQ masing-masing memiliki kelebihan pada program bootcamp digital marketing yang ditawarkan. Ketiganya memiliki mentor berkualitas yang mumpuni untuk mengajarkan ilmu dan keahlian digital marketing. Pada akhirnya pilihan tergantung pada kebutuhan dan kemampuan finansial masing-masing orang.

Bagi yang ingin belajar digital marketing dengan budget terbatas, BelajarHQ akan menjadi pilihan yang tepat. Sebaliknya, bagi yang memiliki budget lebih dan memerlukan dukungan karir setelah lulus, bisa memilih bootcamp dari RevoU.

Namun, jika memiliki budget tidak banyak, namun tetap menginginkan jaminan pekerjaan setelah kelulusan serta peluang koneksi ke perusahaan ternama, Harisenin.com adalah pilihan bootcamp terbaik yang bisa kamu pilih.

Raih karir impianmu di bidang digital marketing bersama Harisenin.com.

 

About The Author

Fitri Apriyani

You may also like