TRAVEL

Puncak Becici Yogyakarta: Bukan Sekedar Hutan Pinus

Pagi itu, setelah kenyang menyantap menu sarapan yang disediakan dari pihak hotel, serta puas menikmati suasana pagi di Jalan Malioboro, kami pun bergegas menuju tujuan wisata pertama kami pada hari itu, Puncak Becici Yogyakarta. Saat itu kami berlibur hanya berempat; saya, Mega, Aba dan Mama.

Di antara banyaknya pilihan objek wisata di Yogyakarta, kenapa kami memilih ke Puncak Becici? Pertama, karena kami sangat suka wisata bernuansa alam. Kedua, setelah googling sana-sini, ternyata Barack Obama pernah kesini juga! (Alasan yang epic! haha).

Sebagaimana dilansir di situs Tribunnews Jogja, yang mana saya berasumsi, berarti objek wisata punya something special, soalnya pasti kru-kru beliau sudah melakukan survei sebelum akhirnya menentukan pilihan.

PERJALANAN MENUJU PUNCAK BECICI YOGYAKARTA

Kami menuju ke sana dengan mobil sewaan yang sudah include supir. Jadi kami tidak ribet mikirin naik angkot apa dan bagaimana. Berlibur saat weekday memang pilihan paling tepat, karena kondisi jalanan tidak macet, sehingga bisa menghemat waktu perjalanan. Lokasi wisata Puncak Becici ada di Dlingo, Bantul, DIY. Dari kota Yogyakarta, kira-kira hanya memakan waktu kurang dari dua jam saja untuk tiba di Puncak Becici.

Karena berada di dataran tinggi, tepatnya di Gunung Cilik, kondisi jalan menuju Puncak Becici agak berliku dan menanjak. Walaupun tidak se-horror jalanan menuju Telaga Kumpe di Banyumas. Karena jalanannya yang sudah bagus. Ditambah juga karena supirnya yang sudah expert, tidak seperti mas suami yang masih amatiran, hehe.

Tiba di lokasi masih pukul 09.oo-an, belum ada banyak kendaraan di parkiran. Seperti objek wisata pada umumnya di Indonesia, sebelum pintu masuk, terdapat banyak warung dan restoran yang menjual makanan. Jadi jangan takut kelaperan ya!

INDAHNYA HAMPARAN POHON PINUS

Baru saja keluar dari mobil, kami sudah bisa menghirup udara yang begitu segar dan asri. Seandainya bisa, rasanya ingin sekali bawa pulang udara di sini sebanyak-banyaknya untuk bekal ke Jakarta.

Dari parkiran, sudah terlihat jelas pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi di dalam sana. Wah, jadi gak sabar mau masuk! Kami langsung membeli tiket masuk untuk berempat, harga tiket masuknya Rp 3.000 saja (hal yang paling saya sukai berwisata di Jogja adalah, tiket masuknya yang murah!). Begini penampakan wisata Puncak Becici dari luar.

puncak becici yogyakarta jogja

Mega berpose di depan pintu masuk Puncak Becici

Kami pun begitu takjub dengan pemandangan yang disuguhi objek wisata ini; jajaran pohon pinus yang rapi tampak begitu aesthetic. Saat menengadahkan kepala ke atas, pucuk-pucuk pohon pinus menjulang tinggi berlatarkan langit yang biru bersih.

pucuk pinus puncak becici yogyakarta jogja

Pucuk dari pohon-pohon pinus

Saat masuk, ada jalan setapak dari bebatuan kecil untuk wisatawan menuju tiap spot yang ada. Bahkan saking bangganya atas kunjungan Barack Obama ke sini, salah satu jalur jalan setapak tersebut, ada yang sampai dinamai Jalan Obama loh.

Wisatawan juga bisa duduk-duduk santai di kursi dan meja kayu yang tersedia, sambil menikmati semilir angin sejuk di bawah pohon pinus. Ada juga pagar kayu tebal yang bisa dijadikan spot foto dengan berlatarbelakang pemandangan alam sekitar yang indah.

pemandangan alam dari atas puncak becici yogyakarta jogja

Jalan setapak bebatuan menuju salah satu spot

pemandangan alam dari atas puncak becici yogyakarta jogja

Pagar kayu yang bisa dijadikan spot foto

BUKAN SEKEDAR HUTAN PINUS

Tidak hanya hutan pinusnya yang memanjakan mata, wisawatan juga bisa menikmati lanskap alam di sekitar Puncak Becici ini. Dengan menyusuri jalan setapak berbatu, wisatawan bisa sampai di spot utama berupa jejeran kursi kayu panjang yang tersusun bertingkat ke bawah menghadap ke sebuah panggung di depannya. Yang mana panggung tersebut berbatasan langsung dengan jurang, sehingga dibatasi pagar besi. Di sinilah spot terbaik menikmati pemandangan apik di bawah Puncak Becici. Gunung, sawah dan hamparan pepohonan terlihat begitu indah dari sini.

kursi kayu puncak becici yogyakarta jogja

Susunan kursi kayu panjang menambah kesan alam

Lanskap pemandangan alam sekitar, sayangnya agak berkabut

Ada beberapa spot foto yang instagramble di sini, dan semuanya gratis! Hanya ada semacam kotak uang untuk diisi sukarela oleh para wisatawan. Tidak seperti beberapa objek wisata di Bandung, yang memungut biaya tambahan.  Kami hanya sempat foto di salah satu spot saja, karena lebih memilih menikmati pemandangan di sini.

Mama dan Aba duduk di salah satu spot foto yang instagramable

Sebenarnya, Puncak Becici ini merupakan tempat yang sangat bagus untuk menyaksikan sunrise dan sunset secara langsung. Dengan lokasi yang berada di ketinggian, tidak terbayangkan betapa indahnya pemandangan tersebut. Sayangnya, saya dan keluarga harus bergegas menuju objek wisata selanjutnya.

INFO TAMBAHAN

Lokasi : Gunung Cilik, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Harga tiket masuk : Rp 2.500/orang

Tarif parkir : Rp 3.000 (motor), Rp 10.000 (mobil)

Fasilitas : toilet umum, area parkir yang luas, mushola

 

 

 

 

Leave a Reply