Blogging

Pentingnya SEO Bagi Blogger, Jangkau Lebih Banyak Pembaca

Apa yang ada di pikiranmu pertama kali saat mendengar kata SEO? Jika kamu seorang Blogger, kamu mungkin paham teknik ‘mengakali’ mesin pencari atau Google ini. Pentingnya SEO bagi blogger sudah menjadi pembahasan di mana-mana.

Walaupun, gak bisa dipungkiri kalau teknik SEO itu gak mudah. Juga relatif sulit bagi orang yang ‘gak mau pusing’ atau yang ‘gaptek’ dalam artian di dunia internet.

Mungkin bagi seorang penulis dengan idealisme tinggi, enggan memasukkan faktor SEO dalam membuat tulisan.

Saya pernah loh mendapati ada seseorang yang, bisa dibilang, sudah lama melalang lintang di dunia blogger atau kepenulisan, berpendapat bahwa menulis sambil praktekkin SEO itu membuat tulisan kaku dan kehilangan seninya.

Masa sih? Yuk kita bahas satu per satu.

Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization adalah cara yang digunakan untuk membuat website kamu mudah ditemukan orang dalam mesin pencari atau Google.

Contoh sederhananya, misal kamu seorang pemilik bisnis jasa desain grafis bernama “Miracle”, tentunya kamu ingin dong saat orang mengetikkan kata “desain grafis” di Google, website brand kamu berada di posisi paling atas hasil pencarian?

Lalu, kenapa sih berada di halaman pertama Google itu penting banget?

Alasannya, tentu karena dengan website kamu berada di halaman pertama Google, bahkan di peringkat atas, maka website kamu jadi berpotensi mendapatkan pengunjung atau traffic, brand awareness dan juga jadi lebih populer.

Secara sederhana, kalau bisnis “Miracle” menjadi terkenal, omset kamu otomatis akan meningkat, keuntungan pun kamu dapat.

Manfaat SEO

Manfaat optimasi SEO

Photo by Stories on Freepik

Supaya lebih yakin kalau SEO itu penting, berikut ini manfaat-manfaat yang akan kamu dapat jika melakukan optimasi SEO.

1. Mendatangkan Traffic

Jika kamu melakukan teknik SEO dengan tepat, maka website kamu akan lebih berpotensi berada di halaman pertama dan atau menempati peringkat pertama indeks mesin pencari Google.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa calon pembeli/pelanggan akan menggunakan mesin pencari untuk mencari produk atau situs yang mereka inginkan. Sesuai kebutuhan dan kriteria mereka tentunya.

Mereka akan mengetikkan kata kunci atau keyword di mesin pencari. Jika kamu sudah menerapkan SEO dengan tepat, maka situsmu akan lebih berpeluang untuk dibaca.

2. Produk atau Situs Lebih Terkenal

Selalu ingat prinsip ini:

“Tidak ada orang yang tiba-tiba datang ke situsmu.”

Hampir kebanyakan orang selalu melakukan riset secara online sebelum melakukan pembelian dengan mencari lewat mesin pencari. Dalam proses tersebut, mereka akan menggunakan kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Jika situsmu sudah menggunakan kaidah ramah SEO atau SEO friendly (salah satunya dengan menggunakan kata kunci yang tepat), maka peluang dibaca oleh mereka menjadi lebih besar.

Apalagi jika informasi yang kamu berikan atau produk/jasa yang kamu jual sesuai dengan kriteria, maka mereka akan terus mengingat situs atau produkmu.

3. Menjadi Rujukan

Jika ada pelanggan yang sudah puas dan ‘kecantol’ dengan situs atau produkmu, maka kemungkinan besar mereka akan merekomendasikan situsmu ke orang lain. Bahkan, situsmu bisa menjadi bahan rujukan oleh orang lain.

4. Mendapatkan Keuntungan

Ending-nya, jika semakin banyak orang berkunjung ke situsmu, maka bisa meningkatkan penjualan produk atau jasamu sehingga kamu akan dapat keuntungan.

Baca Juga : 5 Cara Menemukan ide Menulis, Yuk Nulis Lagi!

Bagaimana Bagi Para Blogger?

SEO penting untuk para Blogger

Manfaat SEO untuk Blogger | Photo by Jcomp on Freepik

Nah, penjelasan dan manfaat SEO juga berlaku buat para blogger nih.

Karena, baik bisnis jasa desain grafis, penulis, atau jenis bisnis lainnya, di era digital saat ini tentu sama-sama memanfaatkan internet untuk menjangkau lebih banyak orang di dunia maya.

Kamu pasti ingat bahwa jaman dulu, tulisan lebih banyak disajikan dalam bentuk cetak. Seperti pada koran, majalah hingga tabloid. Para penulis di media cetak mengedepankan keindahan tulisan demi menggaet para pembaca.

Di dunia digital pakem ini sedikit berubah loh. Eits, tapi bukan berarti keindahan tulisan gak penting ya. Hanya saja sebelum pembaca membaca tulisan kamu, mereka harus mencarinya terlebih dahulu di ‘lautan’ internet.

Masalahnya, gak hanya tulisan kamu, ada jutaan tulisan lainnya di ‘lautan’ internet. Jadi tulisan kamu harus benar-benar ditemukan dulu di internet sebelum dibaca. Di sinilah fungsi SEO dijalankan.

SEO memungkinkan tulisan kamu mudah ditemukan oleh mesin pencari, agar mudah terlihat oleh pembaca.

Gak mau kan, tulisan kamu cuma jadi buku diary, yang hanya bisa dibaca oleh kamu doang? 

Masalahnya..

Mesin pencari  atau Google punya ‘logika’ sendiri yang berbeda dengan logika pembaca atau manusia.

Agar menarik perhatian mesin pencari, kita gak bisa hanya ngandelin keindahan tulisan, tapi juga bagaimana membuat tulisan itu terlacak oleh logika mesin pencari.

Teknik SEO diperlukan agar tulisan kita lebih mudah terlacak oleh mesin pencari.

Gak jarang, mau gak mau, kaidah-kaidah penulisan konvensional harus dipinggirkan demi SEO. Maklum, banyak kaidah penulisan konvensional atau versi cetak yang tidak sejalan dengan kaidah SEO.

Let say seperti jumlah kalimat dalam paragraf, dalam kaidah penulisan konvensional, paragraf harus terdiri dari minimal empat kalimat. Apa jadinya jika pembaca di internet harus membaca paragraf yang panjang?

Maka dari itu, tulisan digital bukan sekadar memindahkan versi cetak ke digital aja nih, tapi harus juga memperhatikan kaidah SEO.

Well, mungkin ini yang bertentangan dengan penulis dengan idealisme tinggi. Mungkin sebagian dari mereka merasa keberatan jika harus menanggalkan pakem keindahan tulisan demi SEO.

Baca Juga : Menulis Sebagai Sarana Aktualisasi Diri

Akan tetapi..

SEO penting bagi para blogger

Photo by Freepik

Perlu diingat juga kalau pembaca tulisanmu adalah manusia, bukan mesin.

Berita bagusnya, dalam menentukan peringkat website di halaman hasil pencarian, Google memanfaatkan perilaku manusia sebagai pembaca. Hanya pembaca manusia yang dapat menentukan kualitas sebuah tulisan.

Caranya?

Jika tulisanmu bagus, maka otomatis pembacamu akan membaca hingga selesai, tidak buru-buru ‘loncat’ ke website lain atau menutup browser.

Semakin lama waktu yang dihabiskan pembaca di tulisanmu, tandanya mereka betah. Hal ini akan dinilai Google sebagai perilaku yang positif.

Nah, lalu Google akan membaca perilaku ini sebagai data. Data tentang perilaku pembaca lantas digunakan untuk menentukan ranking.

Oleh karena itu, membuat tulisan berarti tidak harus kaku dan tidak humanis demi SEO, tapi bukan juga berarti mengabaikan SEO sama sekali.

Agar maksimal, kamu disaranakan harus bisa membuat artikel yang SEO friendly sekaligus human friendly.

Pentingnya SEO Bagi Para blogger

Oke, jadi kesimpulannya SEO itu penting bagi para blogger, yang tentu bagi mereka yang ingin tulisannya dibaca oleh lebih banyak orang.

Karena dengan menggunakan teknik SEO yang tepat, maka tulisan saya dan para blogger akan memiliki peluang lebih besar untuk dibaca pengguna internet.

Namun, seperti yang sudah dijelaskan di atas, hal tersebut gak serta merta membuat tulisan kita menjadi kaku dan mengabaikan faktor-faktor humanis yang bisa memuaskan pembaca. Jadi, selain SEO friendly, tulisan kita juga harus tetap human friendly.

Lantas, bagaimana cara membuat artikel yang SEO friendly sekaligus human friendly?

Nanti kita bahasa di artikel lain ya, biar postingan ini gak kepanjangan, hehe.

2 Comments

  1. Avatar ainun 23/07/2021
    • Fitri Apriyani Fitri Apriyani 24/07/2021

Leave a Reply