ARTICLE

6 Alasan Pentingnya Memiliki Website untuk Bisnis

Di era perkembangan teknologi internet saat ini, semua orang dapat dengan mudah mengakses beragam informasi yang mereka butuhkan hanya dengan sentuhan jari di gawai mereka, kapan pun dan di mana pun. Mulai dari informasi tentang berita terkini, pengetahuan hingga barang yang akan dibeli atau jasa yang akan digunakan. Mereka cenderung menggunakan internet sebagai cara tercepat dan termudah untuk mencari informasi yang mereka butuhkan.

Hal ini merupakan peluang yang bagus bagi para pelaku bisnis, dari skala bisnis kecil hingga besar, untuk memanfaatkan internet demi memasarkan bisnisnya atau menunjukkan eksistensi dalam ekosistem bisnis.

Untuk melakukan hal tersebut, pelaku bisnis wajib memiliki website yang akan mewakili informasi tentang bisnis itu sendiri. Mulai dari profil bisnis, produk atau jasa yang ditawarkan, alamat dan kontak, dll.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa memiliki website penting bagi bisnis kamu:

1. Menunjukkan Profesionalitas Bisnis

Website dapat dijadikan sebagai media untuk menunjukkan profesionalitas bisnis yang kamu miliki dengan tampilan design website yang bagus dan dapat memberikan kesan profesional. Memberikan first impression yang baik saat calon konsumen pertama kali mengunjungi website kamu merupakan hal yang penting.

Kamu juga dapat menampilkan profil bisnis, konten informatif yang berhubungan dengan produk dan jasa yang kamu tawarkan sehingga menunjukkan bahwa bisnis kamu memang ahli di bidang tersebut. Dapat juga mencantumkan visi dan misi perusahaan, culture bisnis dan juga partner bisnis yang berkerja sama dengan kamu.

2. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Tidak dapat dipungkiri ada tipe calon konsumen yang berhati-hati dalam bertransaksi melalui internet. Mereka akan melakukan cek dan ricek tentang siapa penjual produk yang akan mereka beli, apakah terpercaya atau tidak.

Dengan mencantumkan informasi About Us, alamat, dan kontak yang dapat dihubungi dapat meningkatkan kredibilitas bisnismu di mata calon konsumen. Sehingga mereka tidak ragu lagi untuk memilih produk atau jasamu.

Lebih baik lagi jika kamu juga menampilkan testimoni dari pelanggan yang pernah membeli produkmu. Merupakan nilai plus jika pelangganmu adalah perusahaan besar atau bisnis yang sudah terkenal, maka semakin menambah kredibilitas bisnismu di mata calon konsumen.

3. Menjangkau Target Market yang Lebih luas

Website dapat menjadi sarana digital untuk menjangkau target pasar yang lebih luas. Cara ini dinilai lebih efektif, mengingat saat ini sebagian besar kegiatan telah beralih ke digital dan semua orang lebih memilih untuk menjadikan internet sebagai jalan untuk mencari informasi sebelum akhirnya menentukan pilihan akan produk atau jasa yang akan digunakan.

Tidak heran jika bisnis konvensional dan toko fisik sudah mulai ditinggalkan, karena konsumen lebih memilih berbelanja di online shop atau e-commerce. Bisnis yang tidak mau mengambil bagian di dunia digital akan tertinggal jauh.

4. Menghemat Biaya

Manfaat lainnya dari memiliki website adalah kamu dapat menghemat biaya, karena tidak perlu memiliki toko fisik yang membutuhkan biaya sewa per bulannya dan juga biaya-biaya lainnya. Dalam segi pemasaran, kamu tidak perlu melakukan kegiatan pemasaran konvensional untuk menarik calon konsumen seperti menelpon, mengirim surat, menyebarkan brosur dan yang lainnya.

Cukup dengan menampilkan produk atau jasa yang kamu jual, dilengkapi dengan harga dan detail produk tersebut sudah memudahkan konsumen untuk mengumpulkan informasi.

Dalam hal ini kamu perlu meningkatkan SEO website yang kamu miliki agar dapat menempati posisi teratas di mesin pencarian atau Google. Sehingga saat calon konsumen browsing tentang produk yang akan mereka beli, websitemu akan berada di peringkat paling atas.

5. Menampilkan Portfolio

Kamu dapat memanfaatkan website untuk menampilkan portfolio yang kamu miliki. Dengan melihat portfoliomu yang menarik dan berkualitas, dapat menambah keyakinan calon pelanggan untuk memilih produk atau jasa kamu. Ini juga berlaku untuk katalog produk-produk yang juga dapat ditampilkan di website.

6. Memudahkan Proses Konsumen

Dari segi konsumen, website memungkinkan mereka untuk membeli produk atau jasamu hanya dengan satu klik saja. Dengan demikian konsumen tidak perlu repot-repot datang ke tokomu langsung.

Pemberian informasi yang detail tentang produk dan jasa memudahkan konsumen menentukan pilihan produk yang akan dibeli. Informasi seputar tanya jawab (FAQ) juga perlu dicantumkan demi meningkatkan pengalaman konsumen dalam berbelanja atau melakukan proses transaksi bisnis dengan.

Tidak Hanya Bagi Pelaku Bisnis

pentingnya memiliki website

Memiliki website juga penting bagi blogger seperti saya, content writer, atau penyedia jasa lainnya seperti designer, web developper, dll. Keenam manfaat di atas, juga dapat menjadi alasan pentingnya memiliki website bagi mereka. Tidak harus website yang berbayar, kamu juga bisa memiliki website sendiri secara gratis dengan menggunakan platform blogspot, wordpress atau yang lainnya.

Kamu dapat menjadikan website tersebut sebagai media untuk ‘menumpuk’ hasil karya-karyamu dan menjadikannya portfolio. Sehingga calon klien yang akan menggunakan jasamu dapat langsung melihat dan menilai karya yang sudah kamu hasilkan. Saya sendiri menaruh tulisan-tulisan saya di kategori Article sebagai portfolio.

Disarankan kamu dapat menata websitemu dengan rapi agar terlihat lebih profesional. Kamu dapat menggunakan berbagai macam template blog dari yang gratis hingga berbayar. Kamu juga bisa menjadikan Pinterest sebagai inspirasi desain blogmu. Selamat mencoba!

Leave a Reply