ARTICLE

Jangan Mau Kalah, Ibu Rumah Tangga Juga Bisa Kaya Dari Internet

Sudah memasuki kuartal kedua di tahun 2021 aja nih. Rasanya baru kemarin Gubernur DKI Anies Baswedan meghimbau semua kegiatan dilakukan di rumah aja. Wacana awalnya sih waktu itu hanya dua minggu sejak kasus pertama COVID-19 ada di Indonesia, loh ini tau-tau udah setahun lebih aja ya.

Tidak terasa udah setahun? Atau malah rasanya kayak udah seribu tahun lamanya karena dipaksa harus di rumah terus? Sabar..sabar.. This too shall pass.

Kalau dari pengalaman saya pribadi, memasuki bulan April ini menandakan sudah hampir setahun saya resign dari kantor sejak bulan Juli 2020 lalu dan memulai semuanya dari rumah.

Di masa-masa vakum dari dunia kerja ini, saya merasa sangat enjoy dengan peran baru saya sebagai ibu rumah tangga penuh waktu ( full time IRT). Saya yang sebelumnya adalah working wife, kini saya sudah tidak perlu lagi repot keluar rumah untuk ke kantor dan baru pulang ke rumah setelah pukul 5 sore.

Kini saya lebih punya banyak waktu untuk mencoba dan belajar hal-hal baru yang sebelumnya tidak bisa saya lakukan karena keterbatasan waktu dan energi.

Tapi se-enjoy-enjoy-nya saya menikmati waktu lowong ini, suara-suara sumbang mulai bermunculan:
“Perempuan percuma sekolah tinggi-tinggi. Toh nanti ujung-ujungnya gak jauh dari dapur, kasur dan sumur.”

Hah?

Sebenarnya saya tidak merasa perlu melakukan pembelaan atas statement tersebut. Because It’s not worth my time and energy. Tapi gemes juga gak sih, kalau masih aja ada orang yang mempunyai stigma kayak gitu di era modern seperti ini?

Lantas, apakah perempuan tidak boleh mengenyam pendidikan setinggi-tingginya karena kelak kehidupannya hanya akan dihabiskan di seputar dapur-kasur-sumur? Perkenankan mbak Dian Sastrowardoyo menjawabnya dalam quote-nya.

quote dian sastro

Jadi, perempuan sangat perlu untuk berpendidikan tinggi. Bukan hanya karena agar bisa bekerja sehingga mandiri secara finansial saja, tapi juga agar kelak bisa menjadi ibu yang cerdas bagi anak-anaknya. Setuju?

Fenomena Para Ibu Milenial

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa para ibu rumah tangga jaman sekarang ini berbeda dari ibu rumah tangga jaman dulu. Sebagian besar ibu rumah tangga jaman sekarang berpendidikan tinggi dan mandiri, sehingga cenderung memiliki kebutuhan untuk aktualisasi diri.

Bentuk aktualisasi diri para ibu rumah tangga ‘zaman now’ ini diwujudkan dengan menyalurkan potensi yang ada untuk mencapai tujuan tertentu dalam hidup. Nah, tujuan dalam hidup ini juga bisa banget berupa kemandirian dalam finansial, walaupun misal sang suami sudah cukup atau bahkan mapan secara finansial.

Kaya dan bergaya dengan berkarya dari hasil usaha sendiri bisa menjadi suatu pencapaian yang membanggakan tersendiri bagi para ibu rumah tangga milenial.

Nah, dalam hal untuk mencapai tujuan tersebut, banyak diantara mereka yang memutuskan untuk bekerja. Tidak jarang juga ada ibu rumah tangga yang bermimpi memiliki bisnis sendiri.

Peluang Usaha Ibu Rumah Tangga di Era Digital

Pandemi COVID-19 yang melanda sejak tahun 2020 lalu, telah mengubah pola hidup masyarakat yang tadinya sebagian besar aktivitas dilakukan di luar rumah, kini mau tidak mau harus dilakukan #dirumahaja demi terhindar dari penularan virus corona.

Untungnya kita hidup di era perkembangan teknologi internet. Sehingga terselamatkan dari kebuntuan dalam mencari cuan dan juga terhindar dari kebosanan akut.

Di era digital seperti saat ini, segalanya menjadi lebih mudah. Kecanggihan teknologi dan internet yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun memungkinkan kita untuk berkomunikasi, belajar, berkerja dan berbisnis dapat dilakukan tanpa harus meninggalkan rumah.

Internet terutama juga membuka peluang usaha online atau bisnis bagi semua orang, dalam hal ini bagi ibu rumah tangga. Jadi bagi ibu rumah tangga yang sudah commit untuk full time berada di rumah seperti saya, masih bisa tetap kaya menghasilkan cuan dengan berbisnis dari rumah.

Berbisnis berbasis online umumnya tidak memerlukan modal yang banyak, karena kita tidak perlu membuka toko fisik yang membutuhkan biaya-biaya seperti biaya sewa, biaya listrik, gaji karyawan, dll.

Selain itu, berbisnis online juga memberikan keuntungan berupa waktu yang lebih fleksibel. Bagi individu yang ‘mageran’ alias males gerak dengan tiap hari harus keluar rumah menuju kantor, melakukan usaha atau bisnis dari rumah merupakan pilihan yang bagus.

Apa Saja Peluang Usaha Online Bagi Para Ibu Rumah Tangga Milenial?

Melakukan usaha atau berbisnis bisa diartikan sebagai kegiatan untuk memperoleh keuntungan. Bisnis yang kita miliki seharusnya dapat mendapatkan solusi atas masalah yang ada di masyarakat. Sehingga kita dapat menentukan apa yang mau kita tawarkan kepada masyarakat/pasar, siapa target marketnya, bagaimana bentuk promosinya, dll.

Tidak hanya produk yang memiliki wujud fisik, kita juga bisa memiliki bisnis dengan menjual jasa kepada market yang membutuhkan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa bisnis dapat mencakup penjualan berupa:

  1. Produk
  2. Jasa

Nah, berikut penjelasan lengkap peluang bisnis online yang bisa dilakukan para ibu rumah tangga millenial untuk bisa tetap kaya dan bergaya:

Produk

Menjual Makanan dan Minuman

peluang usaha online 2021

Bisa dibilang bisnis di bidang makanan atau kuliner tidak ada matinya. Karena selain makanan merupakan kebutuhan pokok, perilaku manusia yang cenderung senang memanjakan lidah, menjadikan peluang bisnis di bidang ini selalu terbuka.

Saat di masa pandemi COVID-19 ini, yang mana kebanyakan orang memutuskan ingin tetap di rumah aja, kebutuhan akan makanan maupun minuman untuk menghilangkan penat selama beraktivitas di rumah saja menjadi meningkat. Sebut saja seperti aneka cemilan manis, frozen food, dll.

Dalam bidang minuman pun sama. Minuman juga dapat dijadikan sebagai ‘pelarian’ dari rasa bosan, atau sebagai mood booster seperti minuman kopi yang memiliki banyak penikmat setia.

Ini dapat menjadi peluang bagi para ibu rumah tangga atau yang lainnya untuk mulai berbisnis. Apalagi saat ini ada fasilitas layanan pesan antar GoFood dan GrabFood yang dapat memudahkan bisnis kuliner ini.

Jadi tidak perlu repot memikirkan perihal pengantaran makanan atau minuman. Ditambah, kita jadi dapat menjangkau calon konsumen yang lebih luas.

Skincare

peluang usaha online 2021

Sejak boomingnya budaya Korea di tanah air, merawat kulit, baik wajah maupun tubuh, menjadi tren yang begitu digandrungi. Terutama oleh kaum hawa.

Kini, makeup bukan lagi satu-satunya pilihan yang dapat menunjang penampilan, tapi juga skincare. Bahkan skincare dirasa lebih penting karena menyangkut tampilan asli dari kulit. Skincare is a must, makeup is a choice!

Fenomena inilah yang dapat dijadikan sebagai peluang untuk memulai bisnis bagi para ibu rumah tangga, karena sama seperti makanan, skincare juga merupakan produk yang akan selalu dibeli jika habis atau tingkat repurchase yang tinggi.

Kita bisa melakukan riset tentang produk skincare yang sedang hits, atau produk yang banyak pemakai setia sehingga mereka cenderung akan terus membeli merk skincare tersebut.

Fashion

peluang usaha online 2021

Pakaian kini bukan hanya sekedar untuk menutupi badan. Tapi dengan fashion, pakaian bisa dijadikan alat untuk menunjukkan karakter seseorang. Fashion juga dapat menignkatkan rasa percaya diri pemakainya.

Produk fashion menjadi salah satu produk yang diminati di pasaran atau di berbagai marketplace. Tidak mengherankan karena selalu saja ada tren baru di dunia fashion. 

Kebanyakan orang cenderung ingin terus mengikuti tren terkini. Terutama saat ini adalah tren fashion bergaya Korea yang sedang banyak digemari para kaum hawa.

Bagi ibu rumah tangga yang ingin terjun ke bisnis fashion ini, bisa mencari supplier produk fashion untuk kemudian dijual kembali. Bisa juga menjadi reseller dari brand fashion tertentu yang sudah terkenal.

Pilihan lainnya adalah dengan memproduksi sendiri produk fashion dengan design yang sesuai keinginan.

Tanaman dan Alat Berkebun

peluang usaha online 2021

Kebosanan yang ditimbulkan akibat pembatasan kegiatan di luar rumah selama masa pandemi COVID-19 ini, membuat banyak orang mulai mencari kegiatan yang menyenangkan. Misalnya dengan melakukan hobi.

Salah satu bentuk hobi yang sedang booming saat pandemi ini adalah kegiatan menanam dan berkebun. Kegiatan ini terbukti memang secara ilmiah dapat menghilangkan stres.

Banyak orang yang berlomba-lomba mengumpulkan banyak tanaman hias di rumah mereka. Seiring dengan hal tersebut, tidak hanya tanamannya, alat untuk berkebun pun turut diminati masyarakat. Dari segi bisnis, sektor ini cukup menjanjikan.

Jasa

Kursus Online

peluang usaha online 2021

Di masa Pandemi COVID-19 ini, tidak dapat dielakkan, memberikan dampak negatif bagi sebagian orang, seperti kehilangan pekerjaan, masalah kesehatan baik fisik maupun mental, masalah finansial, dll. Sehingga kebutuhan akan pelatihan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut cukup besar.

Bagi para ibu rumah tangga yang memiliki keahlian tertentu di suatu bidang, dapat membuka pelatihan atau kursus online berbayar. Misalnya kursus online tentang keahlian memasak, mengoperasikan komputer atau software tertentu, edukasi finansial, kursus bahasa asing, dll.

Bisa juga dengan membuka bimbel online untuk memenuhi kebutuhan pendamping akademis bagi para siswa yang sedang melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh, di mana saat ini para orang tua sudah mulai kewalahan mendampingi anak-anak mereka dalam belajar.

Jika membangun suatu kursus reguler membutuhkan biaya yang cukup besar, dengan membuka kursus online kita bisa menekan biaya yang muncul karena semua dilakukan secara daring. Kita bisa memasang iklan tentang jasa kursus yang kita miliki di berbagai platform seperti Facebook, Twitter, OLX, dll.

Jastip

peluang usaha online 2021

Lagi-lagi dalam rangka pembatasan aktivitas selama masa pandemi COVID-19, banyak orang yang memutuskan tetap di rumah saja dan menghindari tempat kerumunan seperti seperti pasar atau mal. Padahal ada suatu momen di mana sedang ada barang yang ingin mereka beli, seperti barang limited edition atau barang branded yang sedang diskon.

Para ibu rumah tangga dapat memanfaatkan fenomena ini untuk membuka jasa titip atau jastip. Bisnis jastip ini terbilang mudah, yaitu hanya dengan menawarkan jasa untuk membeli produk atau barang yang mereka inginkan di mall atau tempat tertentu, kemudian mengantarkannya kepada mereka.

Nantinya, kita bisa mendapatkan keuntungan berupa fee jastip atau selisih harga dari produk tersebut.

Kamu bisa menawarkan jasa ini ke teman-temanmu atau mempromosikannya melalui sosmed, atau aplikasi seperti OLX, Caraousel dan lainnya.

Namun harus diingat, kamu harus tetap menjaga protokol kesehatan seperti memakai masker dan menerapkan physical distancing ya.

Bisnis Afiliasi

peluang usaha online 2021

Peluang bisnis di bidang jasa selanjutnya yang bisa kamu pilih adalah bisnis afiliasi.

Bisnis afiliasi atau affiliate marketing merupakan usaha mempromosikan usaha atau produk orang lain/perusahaan lain.

Nantinya kamu akan mendapatkan komisi jika ada seseorang yang membeli produk tersebut dengan menggunakan kode referal yang kamu berikan. Jumlah komisi yang kamu dapatkan biasanya sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati.

Gak perlu bingung mau join bisnis afiliasi apa, karena ada program bisnis afiliasi terbaik dari Exabytes Indonesia!

mengapa bisnis afiliasi exabytes

Gak tanggung-tanggung loh, komisi yang bisa kamu dapatkan dari bisnis afiliasi dengan Exabytes ini bisa mencapai hingga 1jutaan rupiah loh!

Wah, udah tanpa modal, komisinya juga besar.

Caranya pun mudah.

bisnis afiliasi terbaik exabytes

Bisnis Afiliasi Exabytes ini memahami banget para ibu rumah tangga di luar sana yang ingin tetap menghasilkan uang dari rumah dengan hanya bermodalkan internet.

Menjadi Blogger

peluang usaha online 2021

Last but not least..

Bagi yang suka menulis, menjadi blogger bisa menjadi pilihan yang bagus. Kamu dapat menulis konten di blog kamu dengan tema yang kamu kuasai atau sukai, seperti tentang memasak, traveling, beauty, lifestyle, teknologi, dll.

Jika sudah mendapatkan banyak pembaca dan kunjungan ke blog yang kamu miliki, kamu, para ibu rumah tangga, bisa banget mendapatkan cuan dari hobi ini.

Apa itu Blog?

Blog pada dasarnya merupakan website tempat untuk menampung tulisan atau konten yang kita buat di dunia digital. Ibaratnya blog ini adalah rumah buat tulisan-tulisan kamu, yang mana siapa saja orang di internet bisa berkunjung dan melihat tulisan-tulisan tersebut.

Nah, pihak yang terkenal menyediakan ‘tempat’ ini adalah Blogspot dan WordPress. Kedua penyedia laman blog bisa dimanfaatkan secara gratis.

Karena ini gratis, nantinya alamat url blog kamu masih menggunakan subdomain blogspot.com atau wordpress.com. Contohnya domainkamu.blogspot.com, dan untuk WordPress akan menjadi domainkamu.wordpress.com.

Bagaimana Mendapatkan Penghasilan dari Blog?

Tidak hanya untuk menyalurkan hobi menulis, blogging bisa juga dijadikan untuk mendapatkan penghasilan loh. Beberapa sumber penghasilan dari ngeblog bisa berasal dari Google Adsense, pemasangan iklan, berkerjasama dengan brand tertentu, bisnis afiliasi, dll.

Namun, untuk bisa menghasilkan cuan sebagai blogger, kamu disarankan untuk membuat blog atau website yang berbayar.

Jika Ada Blog yang Gratis Kenapa Harus Bayar?

Jawabannya, karena dengan memiliki blog berbayar artinya kamu akan memiliki alamat url blog unik milik kamu sendiri, tanpa harus ada ’embel-embel’ subdomain blogspot.com atau wordpress.com, sehingga blog kamu akan terlihat lebih profesional dibandingkan dengan blog gratisan. Nantinya alamat blog kamu menjadi domainkamu.com. Lebih bagus kan?

Selain itu, ada keuntungan lainnya yaitu:

  1. Akan meningkatkan reputasi blog di mata pembaca.
  2. Memudahkan pengunjung blog untuk mengingat nama blog kita.
  3. Meningkatkan minat para pengiklan untuk measang iklan di blog kita
  4. Lebih SEO Friendly di mesin pencari seperti Google sehingga dapat meningkatkan traffic blog kita.

Sudah paham kan?

Nah, sekarang bagaimana sih caranya membuat blog yang bagus dan terlihat lebih profesional? Gampang kok, aku kasih tahu caranya ya..

Membuat Blog Mudah Bersama Exabytes Indonesia

Gak perlu bingung. Membuat blog itu gak susah kok. Caranya sangat mudah, semudah kamu menjetikkan jari jika bersama Exabytes Indonesia. Gak percaya?

Exabytes Indonesia merupakan perusahaan hosting terbaik di Indonesia yang memudahkan kita untuk membuat website sendiri.

Dalam hal kamu ingin membuat blog pribadi untuk menghasilkan cuan seperti yang sudah aku jelasin di atas, sangat tepat jika kamu memilih Exabytes Indonesia sebagai penyedia hosting untuk blog kamu.

Mengapa harus memilih hosting Exabytes Indonesia?keunggulan exabytes indonesia

Hosting WordPress Exabytes Untuk Blog Pribadimu

Memilih hosting di Exabytes Indonesia ini cocok banget untuk para blogger pemula yang ingin mulai blogging. Exabytes Indonesia paham banget atas apa saja yang dibutuhkan jika ingin membangun sebuah blog, dalam hal ini menggunakan WordPress, sehingga Exabytes Indonesia menyediakan paket lengkap WordPress Hosting.
wordpress hosting exabytes
Dalam paket Hosting WordPress Exabytes, kamu akan mendapatkan fitur-fitur yang penting banget untuk blog kamu, beberapa diantaranya:

WordPress Toolkit yang memungkinkan kamu dapat mengelola dan mengontrol pembaruan dengan mudah pada inti WordPress, plugin dan themes. Juga dapat memastikan blog kamu dapat selalu terupdate.

Dengan bantuan teknis selama selama 24 jam non stop, blog kamu akan terus dipantau dari aktivitas mencurigakan. Kamu juga gak perlu khawatir untuk menanyakan perihal teknis apapun, karena kru Exabytes Indonesia akan siap membantu secara profesional.

Suka sebel gak sih kalau pas mau baca artikel di suatu website, loadingnya lama banget? Kalau dibiarkan begitu terus, websitenya berpotensi sepi pengunjung loh.

Nah, dengan fitur WordPress Accelerator, Exabytes Indonesia menjamin loading blog kamu gak bakal ‘lola’ alias loading lama, karena dilengkapi dengan plugin cache LSCWP (LiteSpeed ​​Cache for WordPress) dan server LiteSpeed ​​Enterprise, sehingga memastikan kecepatan pemuatan halaman dan waktu respons blog kamu akan meningkat secara signifikan. Bahkan 5x lebih cepat dari server hosting biasa.

Kejahatan pencurian data atau hacker di dunia maya bukan isapan jempol belaka, tapi gak perlu takut karena Exabytes Indonesia meningkatkan keamanan blog kamu dengan memberikan perlindungan Website Security360, pemindaian malware & perbaikan website otomatis, pemindaian keamanan WordPress, sehingga membuat blog kamu lebih aman.

Exabytes Indonesia juga memungkinkan kamu untuk melakukan backup setiap hari. Jadi dijamin terhindar dari data hilang karena bencana ataupun serangan. Data blog kamu dapat direstore dengan hanya 1x klik, dan voila! blog kamu akan tampil seperti semula.

Yang paling saya suka juga dari Exabytes Indonesia ini, mereka membagikan konten edukasi tentang blogging yang bisa kita baca secara gratis!

Cara Membuat Hosting Blog WordPress di Exabytes Indonesia

Nah, setelah tahu kelebihan-kelebihan hosting WordPress di Exabytes Indonesia, sekarang waktunya membuat blog!

Pertama, kamu harus mendaftar akun dulu di Exabytes ya..daftar akun exabytes indonesia

Kedua, pilih Wordpres Hosting pada menu bar, kemudian kamu langsung ditujukan untuk memilih paket hosting WordPress. paket wordpress hosting exabytes indonesia

Untuk awal membuat blog, kamu bisa memilih pilihan paket WP 12 Beginner dengan harga hanya Rp 34.900/bln! Waah, hemat 79% nih, lumayan kan, hehe.

Klik ‘Mulai Sekarang’, next..

Ketiga, kamu bisa memilih nama domain blog kamu. Di sini aku kasih contoh misal kita memilih domain .com dengan nama domainya namablogkamu, lalu cek ketersediannya..

paket wordpress hosting exabytes indonesia

Wah, ternyata alamat blognya tersedia nih!

Tentunya ini hanya contoh ya, nanti kamu bisa cek sendiri alamat blog yang kamu inginkan.

Jika sudah oke, kamu bisa langsung melakukan pembelian nama domain tersebut dan voila! Kamu punya website sendiri! Yeay!

Langkah selanjutnya, kamu akan diminta melakukan konfigurasi untuk menentukan pesanan secara bulanan, tahunan atau per tiga tahunan. Di sini saya memilih 12 bulan, dengan total tagihan hanya Rp 934.780!

Oiya, pembelian domain hanya dilakukan sekali ya. Jadi untuk tahun selanjutnya, kamu hanya tinggal melakukan pembayaran pembayaran hosting sebesar Rp 730.800.

paket wordpress hosting exabytes indonesia

Setelah itu, kamu hanya diminta melakukan konfirmasi pesanan, melakukan pembayaran hingga konfirmasi pesanan.

Gampang kan?

Tips Menjadi Blogger Pemula

Nah, setelah sukses mempunyai blog sendiri, secara otomatis kamu sekarang adalah seorang Blogger!

Eits, tapi jangan puas dulu ya, karena masih banyak hal yang harus kamu lakukan untuk menjadi seorang Blogger, apalagi jika kamu sekaligus ingin menghasilkan cuan.

Walaupun saya sendiri pun termasuk Blogger pemula, gak ada salahnya dong kalau bagi-bagi tips yang saya tahu, sekaligus sebagai reminder juga buat saya, hehe. Berikut tipsnya:

Belajar Menulis yang Benar

Menjadi Blogger berarti kamu membuat tulisan yang tidak hanya dibaca oleh diri kamu sendiri, tetapi juga oleh orang lain. Oleh karena itu, kamu harus berusaha menghasilkan tulisan yang bagus dan mudah dipahami orang lain. Pelajari bagaimana cara menulis yang baik dan menarik. Tapi gak perlu terlalu kaku ya, yang penting pembaca kamu memahami isi tulisan kamu.

Tentukan topik blog

Agar kamu memiliki ciri khas dari blog kamu, disarankan kamu memiliki topik untuk blog kamu. Kamu bisa memilih topik blog yang sesuai dengan passion kamu atau hal-hal yang kamu kuasai, contohnya tentang beauty, traveling, gaya hidup, dll.

Belajar SEO

SEO atau Search Engine Optimization adalah upaya yang kita lakukan agar tulisan kita bisa muncul di halaman pertama Google, sehingga banyak yang baca. Syukur-syukur bisa jadi populer. Jangan khawatir, walaupun agak teknikal, proses SEO ini tidak sulit kok, asalkan kamu mau belajar. Apalagi ada artikel-artikel edukatif dari Exabytes.

Promosikan tulisan blog ke media sosial

Tujuannya, agar semakin banyak yang membaca tulisan-tulisan kamu, sehingga menambah jumlah pengunjung ke blog kamu.

Yuk, langsung praktek!

Penutup

Ternyata cukup banyak ya pilihan peluang usaha online di tahun 2021 untuk para ibu rumah tangga.

Jadi gak ada lagi alasan bagi yang memutuskan menjadi full time IRT untuk gak bisa tetap berkarya, beraktualisasi diri sekaligus menghasilkan uang dari internet. Gak ada lagi yang bisa bilang kalau jadi IRT yang cuma #dirumahaja mati gaya.

Malah bisa mendapat nilai plus dengan banyaknya waktu dan tenaga yang bisa simpan untuk keluarga, iya gak? Hehe.

Untungnya lagi ada Exabytes Indonesia yang bisa membersamai para blogger pemula untuk memulai blognya dan juga mengembangkannya. Juga program bisnis afiliasinya yang gak kalah menguntungkan, yang bisa jadi pilihan bagus untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Ayo, mulai dari sekarang! Karena ibu rumah tangga juga bisa tetap kaya jika berusaha!

Leave a Reply