101 SEO Blogging

8 Cara Optimasi SEO On Page Untuk Website dan Blog

Cara Optimasi SEO On Page — Melakukan riset keyword guna menemukan kata kunci yang tepat serta menaruhnya ke dalam tulisan memang sangat penting, namun bukanlah satu-satunya teknik optimasi yang harus kita lakukan agar situs kita mudah dicari di pengguna internet.

Ada teknik optimasi lain untuk dapat mengoptimalkan website di mesin pencari, yaitu teknik optimasi on page dan teknik optimasi off page. Baik optimasi on page dan off page adalah termasuk dalam langkah optimasi SEO.

Pada tulisan kali ini saya akan bahas tentang teknik optimasi SEO on page dulu nih. Apa itu optimasi SEO on page dan bagaimana caranya? Yuk, kita bahas!

Optimasi SEO On Page




Optimasi SEO On Page adalah sebuah teknik optimasi SEO yang dilakukan dari dalam website atau konten itu sendiri. Pada teknik optimasi on page, kita fokus pada faktor-faktor yang ada di dalam konten.

Tujuannya agar konten di dalam websitemu dapat memenuhi kriteria SEO yang baik, sehingga memudahkan mesin pencari untuk mengetahui isi konten dan relevansinya terhadap kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna internet.

Berikut teknik dalam SEO on page untuk website dan blog yang bisa kamu lakukan.

Optimasi Judul

optimasi seo on page

Tampilan judul pada hasil pencarian Google

Judul atau title tag menentukan isi dari sebuah halaman. Title tag juga sering digunakan oleh mesin pencari sebagai judul dari hasil pencarian.

Unsur inilah yang pertama kali dilihat oleh seseorang saat melakukan pencarian, sekaligus menentukan apakah ia akan melanjutkan mengklik judul artikel kita, atau malah menuju website lain.

Untuk itu, buatlah judul tulisan yang dapat menarik pembaca dengan menggunakan kata kunci yang tepat. Dengan begitu, maka tulisanmu akan masuk peringkat atas mesin pencari dan berpotensi besar untuk diklik oleh users. 

Tapi jangan buat judul yang clickbait ya!

Salah satu tips membuat judul yang menarik menurut Niagahoster adalah dengan menambahkan angka di dalamnya. Misalnya, seperti judul tulisan saya sebelumnya :

3 Tools Keyword Research Gratis Terbaik

Optimasi Meta Description

Optimasi seo on page off page

Contoh meta description pada hasil pencarian Google

Meta description adalah penjelasan singkat mengenai isi dari sebuah halaman website. Meta description biasa digunakan oleh mesin pencari untuk menampilkan gambaran singkat dari halaman tersebut.

Pastikan kamu mengisi meta description dengan seinformatif mungkin, serta jangan lupa untuk memasukkan kata kunci yang sesuai yang digunakan di dalam konten.

Untuk dapat membuat meta description, kamu bisa menggunakan plugin Yoast

Optimasi Permalink

cara optimasi SEO on page

Contoh tampilan permalink

Permalink atau permanent link adalah kode alamat URL untuk mencapai sebuah halaman web. Dalam teknik SEO on page, permalink yang lebih singkat akan lebih baik, karena struktur permalink yang sederhana akan mudah dikenali oleh Google.

Jangan lupa untuk memasukkan kata kunci yang kamu targetkan ke dalam permalinkmu ya.

Kamu dapat langsung menentukan permalink pada WordPress saat akan membuat posting blog, seperti ini

optimasi seo on page permalink

Cara mengedit permalink post blog

Namun, jika misal struktur bawaan permalinkmu tidak seperti di atas, atau kurang sederhana seperti contoh di bawah ini:

www.blogkamu.com/2021/08/judulblog

Maka kamu dapat mengubah setting strukturnya, dengan cara klik menu Setting –> Permalinks, setelah itu pilih struktur permalink yang paling sederhana berikut:

optimasi seo on page setting permalink

Cara mengubah struktur permalink di WordPress

Baca Juga : Pentingnya SEO Bagi Blogger, Jangkau Lebih Banyak Pembaca

Optimasi Kata Kunci




Setelah kamu melakukan riset keyword dan mendapatkan fokus keyword yang kamu targetkan, jangan lupa untuk menaruhnya ke dalam tulisanmu. Usahakan taruh kata kunci pada bagian berikut:

  • Judul
  • Paragraf pertama, isi paragraf, paragraf terakhir
  • Subheading

Agar tidak terkesan kaku dengan menebar kata kunci di sana sini, kamu bisa menggunakan variasi kata kunci lain yang relevan yang tersedia di Google pada bagian Penelusuran terkait.

optimasi-on-page


Optimasi Konten

Content is a king – Neil Patel

Konten selalu menjadi yang utama dalam optimasi SEO on page. Optimasi on page akan percuma jika kamu lalai mengoptimalkan konten. Buatlah konten yang natural dan enak dibaca serta berkualitas di mata Google.

Pastikan konten yang kamu buat bersifat solutif dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh users. Usahakan panjang konten yang kamu buat minimal 800 kata ya.

Optimasi Gambar

Konten yang full text biasanya akan terasa monoton dan membosankan bagi pembaca. Untuk itu, agar tulisan yang kamu buat lebih menarik dan menjadi lebih hidup, tambahkan gambar dan media yang relevan sebagai penunjang.

Pada gambar yang akan diupload, lakukan optimasi gambar dengan mengisi kolom-kolom berikut:

optimasi gambar SEO on page

Cara optimasi gambar

  1. Alt text atau text alternatif perlu diisi agar mesin pencari dapat mengenali dan memahami apa isi dari gambar tersebut. Pasalnya, mesin pencari tidak akan tahu gambar yang kita upload tersebut, gambar tentang apa dan menunjukkan apa, tanpa kita beri tahu. Jangan lupa untuk masukkan kata kunci di dalam kolom alt text yang ada.
  2. Title image atau judul gambar, merupakan judul file atas gambar yang kamu upload. Sebaiknya kamu mengganti nama file yang sesuai sebelum upload, dan pastikan judul file mengandung kata kunci di dalamnya.
  3. Caption atau kalimat penjelasan sederhana yang disisipkan pada sebuah gambar untuk menerangkan situasi yang ditampilkan dalam gambar kepada pembaca.
  4. Description atau deskripsi gambar, yaitu penjelasan mengenai apa saja yang terdapat pada gambar secara lengkap. Sama seperti alt text, bagian ini berfungsi untuk memberi tahu mesin pencari tentang deskripsi gambar yang kita upload.

Jangan lupa, pastikan ukuran gambar yang kamu upload tidak lebih dari 100 KB, karena ini akan mempengaruhi kecepatan website. 

Kamu bisa mengubah format gambar menjadi Webp agar ukurannya lebih kecil, namun tidak mengurangi kualitas gambar.

Baca Juga : 8 Tips Membuat Tulisan SEO dan Human Friendly, Mudah Kok!

Gunakan Internal Link dan Outbound Link

Internal link adalah link yang mengarah ke halaman lain di websitemu. Dalam teknik link internal, sebaiknya hindari memberi link ke artikel yang tidak relevan dengan topik yang sedang dibahas. Perlu juga dihindari untuk memberi link ke artikel yang sama, karena hal ini tidak memiliki manfaat.

Sedangkan dalam outbound link adalah link yang mengarah ke website lain. Pastikan kamu menyisipkan setidaknya satu outbound link pada tulisanmu. Namun, pastikan website tersebut adalah website yang memiliki reputasi yang baik dan bukan website asal-asalan.

Optimalkan Kecepatan Website

optimasi seo on page kecepatan website

Ilustrasi loading website | Photo by Stories on Freepik

Kecepatan website adalah hal yang penting dalam optimasi on page. Website yang cepat adalah website yang disukai Google dan juga pengunjung.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan website, yaitu:

  • Lokasi dan spesifikasi server hosting yang sedang digunakan
  • Kecepatan koneksi internet
  • Ukuran file gambar, video, dan file multimedia lainnya
  • Penggunaan plugin yang terpasang di website
  • Source code yang digunakan tema, meliputi HTML, CSS, JavaScript, dan lain sebagainya.

Untuk meningkatkan kecepatan website ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan, di antaranya:

  • Pilih hosting dengan server performa tinggi
  • Pastikan ukuran gambar yang kamu upload tidak lebih dari 100 KB. Kamu juga dapat melakukan kompres ukuran gambar seperti TinyPNG.
  • Kurangi plugin yang tidak perlu
  • Sebaiknya gunakan embed jika kamu ingin menyisipkan video ke dalam tulisan. Caranya, kamu upload video tersebut ke Youtube terlebih dahulu, kemudian kamu copy paste URL video tersebut ke dalam tulisanmu.

Penutup

Itulah kedelapan cara untuk melakukan optimasi SEO on page untuk website dan blog. Mudah kan? Nah, setelah melakukan optimasi SEO on page, langkah selanjutnya adalah optimasi SEO off page. 

Bagaimana caranya? Tunggu di artikel selanjutnya ya! 🙂

20 Comments

  1. Avatar Didik Purwanto 31/08/2021
  2. Avatar Ratna Kirana 31/08/2021
  3. Avatar Fenni Bungsu 31/08/2021
  4. Avatar Katerina 01/09/2021
  5. Avatar Rifqi Fauzan Sholeh 01/09/2021
  6. Avatar Dian 01/09/2021
  7. Avatar Hamimeha 01/09/2021
    • Fitri Apriyani Fitri Apriyani 03/09/2021
  8. Avatar Ayu Natih Widhiarini 01/09/2021
    • Fitri Apriyani Fitri Apriyani 03/09/2021
  9. Avatar Rautra 01/09/2021
    • Fitri Apriyani Fitri Apriyani 03/09/2021
  10. Avatar Nuny 01/09/2021
    • Fitri Apriyani Fitri Apriyani 03/09/2021
  11. Avatar Hairun Nisa 02/09/2021
    • Fitri Apriyani Fitri Apriyani 03/09/2021
  12. Avatar Firmansyah 02/09/2021
    • Fitri Apriyani Fitri Apriyani 03/09/2021

Leave a Reply